Kamis, 04 Februari 2010

Pastel Goreng


Awal tahun ini belajar bikin Pastel Goreng...hmmm yang rumit tuh belajar mlintir pinggiran pastel,rasanya penasaran bagaimana cara membuat pinggirannya .....akhirnya belajar khusus sama Ibu Mertua he he he....
Mau praktis dan ngga mau ribet sama plintiran...???..Bisa saja pakai cetakan pastel,tinggal taruh adonan dan cetak...beres deh tapiiiiii...nggak cantik tampilannya untuk pastel goreng..(eh,menurutku lho...)...
Nanti aku posting-kan cara bikin pinggiran pastel ya....
 
Dan alhamdulillah akhirnya suksessss deh belajar plintirannya...pada awalnya aku belajar bikin pastel kering untuk melancarkan cara mlintir pinggiran Pastel ( karena pastel kering khan ukurannya kecil-kecil terus isi abon jadi kudu telaten juga)....terus begitu dah mulai lancar dicobain deh ke pastel goreng yang ukurannya besar dan...tarraaaaa tuh cantik khaan ...



Pastel Goreng ini resepnya masih dari Ibu Fatmah Bahalwan....cuma aku tambahin sedikit keterangan yang kurang ya...

Bahan  :
tepung terigu untuk taburan
2 butir telur rebus, kupas, iris tipis.( aku bagi jadi 20 iris tipis)

Isi :
3 sdm   margarin, untuk menumis
4 bh     bawang putih
10 btr   bawang merah
150 gr  daging ayam giling ( aku ngga pakai)
75 gr    wortel, potong dadu
75 gr    buncis, iris 1/2 cm ( aku ganti pakai kentang,dipotong dadu )
1 sdt     garam
1 sdt     merica bubuk
1 sdt     gula pasir
100 cc  susu cair (aku ganti pakai air kaldu ayam )
2 btg    daun bawang, iris halus
3 btg    seledri, iris halus

Kulit
250 gr  tepung terigu
40   gr  margarin ( aku pakai 50 gr.margarin )
100 cc air hangat kuku
minyak untuk menggoreng ( aku pakai 500 ml. minyak goreng )

Cara Membuat :
  1. Isi : Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan daging ayam. Aduk rata.
  2. Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula.  Tuangi susu, masak hingga matang. Masukkan daun bawang dan seledri.  Aduk, angkat.
  3. Campur semua bahan menjadi satu, uleni adonan hingga lembut dan dapat dibentuk.
    Gilas adonan hingga setebal ± 1/4 cm di atas meja bertabur tepung terigu.
  4. ( Aku pakai gilingan Mie untuk menghaluskan kulit pastel,caranya ambil sejumput adonan lalu pasang gilingan ke no.7 dan putar adonan di gilingan 3-4 kali lalu setel gilingan ke posisi  no.4 dan putar adonan 3 kali baru dicetak pakai ring)
  5. Cetak bentuk bundar bergaris tengah 10 cm..
  6. (Masukkan adonan isi 1 sendok makan pada satu sisi,taruh seiris potongan telur diatasnya,lipat setengah lingkaran ,rapatkan pinggirannya dan pilin / plintir )
  7. (Panaskan minyak goreng sampai cukup panasnya dan goreng pastel dengan disiram-siram sampai berwarna kunung kecoklatan.Angkat,tiriskan di kertas tissue untuk menyerap minyaknya)
  8. (Sajikan dengan sambal botol,cabe rawit atau sambal kacang )
Untuk 15-20 buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar